Saturday 26 March 2011

Mandi hanya dengan satu gayung air



Mandi hanya dengan satu gayung air? Ternyata bisa dan malah juara.



Film pendek independen buatan orang Indonesia dengan judul Save Water yang dibuat oleh Muhammad Zulqamar menjuarai hadiah utama kompetisi video MyView H2O yang digelar Bank Pembangungan Asia (ADB). 


Film Save Water secara sederhana memperlihatkan bahwa kegiatan mandi dapat juga melestarikan air, tentunya demi kelangsungan lingkungan hidup. Satu gayung sudah cukup untuk memenuhi aktivitas mandi dengan menyenangkan. Kegiatan mandi dalam film ini tak menggunakan dialog-dialog apapun.


ADB menggelar kompetisi tersebut pada tahun 2011 ini untuk mempromosikan sebab-akibat dan solusi terhadap krisis kekurangan air di Asia. Dewan juri dalam kompetisi ini antara lain sutradara Jepang Momoko Ando yang pernah menjuarai kompetisi film internasional, sutradara Indonesia Joko Anwar yang kerap disebut sebagai salah satu sutradara muda terbaik Asia, dan pembuat film dokumenter AS Christopher Beaver yang juga kurator laman dokumenter Docspopuli.com. Dewan juri lainnya adalah Khavn dela Cruz yang diberi julukan "Bapak Pembuat Film Digital Filipina", pembuat film dokumenter China Du Haibin, dan pembuat film dokumenter Pakistan Samar Minallah, serta Penasehat Senior Presiden ADB, Arjun Thapan.


Selamat kepada Muhammad Zulqamar.


sumber bacaan : Kompas.com

No comments: