Saturday 8 March 2003

Biarlah hidup bergulir apa adanya……

#hidup1
Ada seorang buta meraba rindu, resahnya menuntun mata hati, walau langkah lalui padang onak duri. Tak ada lelah pada sendi tuanya, tak ada kenihilan pada mimpinya. Berjalan di jalan tak bertuan, kelak dirinya akan berakhir di sebuah ketinggian. Ada batas bidang yang akan menghentikannya. Di sebuah perhentian di tepi jurang dalam, kelak ia akan tahu dirinya jatuh ke dalam teluk kasih atau di jurang dalam penuh belukar. Walau kelak ia jatuh ke dalam jurang dalam penuh belukar, Tuhan masih beri ia kesempatan. Oleh begitu besarnya kasih milik si buta, Tuhan beri ia sayap. Jelmakan ia jadi malaikat, bagi orang banyak. Kasih si buta adalah kasih yang membutakan diri.

#hidup 2
Sekian tahun aku jinakkan singa, ternyata ia ular. Aku bukan pawang ular. Kini aku tak ingin memanah elang betina, sang petualang sejati. Dan aku tak ingin menyimpannya dalam sangkar, seperti yang dilakukan para pejantan. Cukuplah ia ada di pundakku dan cakarnya cengkram kuat pundakku, bagai takut kehilangan diriku.

#hidup 3
Pernah merasa kehilangan sesuatu? Pasti ada rindu. Dan seorang buta ini susah menamakannya. Orang bilang, “itu gila!”
Tapi aku, si buta yang dikatakan gila, hanya bisa ucap,
“sesuatu tak kulihat namun aku merasakannya ada. Sangat jelas di hati langkahnya yang liar. Dan aku rindu ia karena ia tak terlihat namuan ada.” Itu awalnya.

#hidup 4
Apa mungkin ada cinta pada pandangan pertama? Aku menemukan sebuah kisah yang berabad-abad. Adam, si tukang kebun taman Eden, jatuh cinta pada ketelanjangan Hawa yang pertama di sebuah pagi. Bukan hanya pada pandangan tapi pada ketelanjangan. Dan kelak Adam memperkosanya untuk pertama kali.
Aku tak jatuh cinta pada ketelanjangan pertama, tapi pada sebuah kesintingan yang pertama, miliknya.
Ahhh, biarlah hidup mengalir apa adanya……….
Tanpa terbebani sebuah kekalahan yang menanti di ujung sana

jakarta, maret2003

No comments: